5 Tips Terhindar Dari Over Bagasi Saat Bepergian


Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang saat liburan pasti sering atau minimal pernah kuatir dengan masalah yang satu ini, yaitu over bagasi alias kelebihan muatan bagasi. Kenapa? Karena biaya over bagasi itu hitungannya jauh diluar nalar manusia, hahaha…. Bayangkan saja, apa Anda rela mengeluarkan biaya Rp117.000,- per kilogram over bagasi Anda? Masih OK-lah kalau barang yang membuat over bagasi itu barang-barang yang mahal, kebanyakan sih biasanya adalah oleh-oleh titipan saudara atau teman yang harganya jauh di bawah biaya kelebihan bagasi. Sakit di dompet sudah pasti, ditambah lagi sakit hati karena dikenakan biaya yang tidak masuk akal itu, hehehehe. Nah saya mau bagikan beberapa tips supaya liburan Anda tidak dipusingkan dengan masalah yang satu ini.


1.Bawa Barang yang Rela Anda Tinggalkan

Ini yang sering saya lakukan pada saat harus bepergian ke luar negri, yaitu memilih membawa pakaian yang saya rela tinggalkan pada saat kembali nanti. Biasanya sih pakaian tidur yang sudah “usang”, jeans yang memang sudah saatnya harus dikebumikan, sepatu yang sudah ingin diganti tapi ga rusak-rusak. Intinya barang yang siap Anda tinggalkan apabila sampai Anda over bagasi pada saat akan pulang nanti.

2.Minimalkan Oleh-Oleh

Nah ini yang selalu menjadi dilema buat kita yang bepergian. Kebanyakan kita sering merasa ga enak kalau pulang dari bepergian apalagi ke luar negri ga bawa oleh-oleh saat kembali. Padahal waktu berlibur itu waktunya untuk kita refreshing dan menikmati perjalanan liburan kita, bukan dipusingkan dengan beli oleh-oleh. Coba kalau diingat-ingat lagi pada saat Anda bepergian, biasanya setengah waktu kita itu habis untuk beli souvenir, setiap mampir di tempat wisata pasti ujung-ujungnya shopping. Sampai kebanyakan tour guide luar negri sudah mengerti kalau orang Indonesia itu paling seneng dibawa shopping souvenir atau oleh-oleh. Lebih baik beli oleh-oleh secukupnya untuk diri sendiri aja. Pengalaman pribadi nih karena segitu sibuknya cari oleh-oleh buat orang lain sampai buat diri sendiri ga beli apa-apa, hahahaha. Nah oleh-oleh yang segambreng inilah yang biasanya membuat Anda over bagasi pada saat pulang.

3.Rencanakan Bagasi Anda Sejak Awal

Dengan adanya maskapai yang menyediakan layanan pembelian bagasi dari saat Anda memesan tiket, Anda seharusnya dapat terhindar dari masalah over bagasi ini. Kalau memang oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang banyak, pesanlah bagasi lebih pada saat pulang nanti. Akan jauh lebih murah biaya pesan bagasi di awal daripada biaya over bagasi pada saat pulang nanti.

4.Siapkan Tas Cabin Tambahan
Biasanya saya selalu membawa tas tambahan yang saya selipkan pada tas bagasi pada saat akan bepergian. Tas yang saya bawa itu tas yang ukurannya diperkenankan dibawa masuk ke dalam cabin pesawat. Kenapa? Karena secara peraturan masih diperbolehkan untuk membawa ransel atau tas selempang dan tambahan 1 tas ukuran cabin ke dalam pesawat. Bawalah ransel atau tas selempang yang agak besar yang dapat membantu membawa barang-barang apabila ternyata over bagasi. Tapi ingat ada barang-barang yang tidak diperkenankan dibawa ke dalam cabin pesawat. Silakan baca artikel ini untuk informasi lebih lengkap “Benda yang Tidak Boleh Dibawa ke Pesawat”. Malah terkadang 1 tas ransel/tas selempang, 1 tas kabin, dan 1 kantong tambahan di tangan yang lainnya masih diperbolehkan.

5.Praktekkan Ilmu “Meringankan Tubuh”
Peraturan untuk tas cabin yang dibawa ke dalam pesawat adalah tidak boleh lebih dari 7 kg. Nah umumnya maskapai-maskapai penerbangan internasional jarang sekali memeriksa berat tas cabin yang Anda bawa terkecuali “low cost airline”. Karena itu pindahkanlah sebagian barang yang berat ke tas cabin Anda. Nah, pada saat Anda membawa tas yang “berat” itu usahakan jangan terlihat Anda merasa berat membawanya. Anda harus pede dan santai membawanya seperti membawa tas yang ringan. Praktekkanlah ilmu meringankan tubuh Anda, hehehe. Minta tolong pasangan Anda atau suami Anda untuk membawa tas tersebut. Pada saat boarding dan masuk ke pesawat, jangan sampai terlihat oleh pramugari bahwa Anda keberatan mengangkat tas itu naik ke tempat penyimpanan. Bisa-bisa Anda disuruh memasukkan tas tersebut ke dalam bagasi dan dikenakan biaya over bagasi karena bagasi Anda sudah mendekati limit bagasi.

Popular Posts